Minggu, 04 November 2012

SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ)



SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ)
911 TRAINING CONSULTANT YOGYAKARTA

IQ, EQ, SQ (ESQ) adalah penggambaran dari potensi manusia sebagai makhluk paling cerdas dan kompleks di muka bumi.  Pembagian ini mewakilkan dari banyak potensi kecerdasan manusia yang didefinisikan secara umum.
A.    IQ (Intelligence Quotients)
Merupakan istilah kecerdasan manusia dalam kemampuan untuk menalar, perencanaan sesuatu kemampuan memecahkan masalah, belajar, meningkatkan pemahaman gagasan, berfikir, penggunaan bahasa dan lainnya. Anggapan bahwa IQ adalah kemampuan bawaan lahir yang mutlak dan tak dapat berubah adalah salah.  Menurut penelitian dapat dibuktikan bahwa kemampuan IQ dapat meningkat dari proses belajar. Kecerdasan ini pun tidaklah baku untuk satu hal saja, tetapi untuk banyak hal, satu contoh ; seseorang dengan kemampuan mahir dalam bermusik dan yang lainnya mahir  dalam hal olahraga. Jadi kecerdasan ini dari tiap - tiap orang tidaklah sama, berbeda satu sama lainnya.
B.    EQ (Emotional Quotients)
Kecerdasan emosional adalah kemampuan pengendalian diri sendiri, semangat dan ketekunan serta kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi  frustrasi, kesanggupan untuk mengendalikan dorongan hati dan emosi, tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar beban stress tidak melumpuhkan kemampuan berpikir, untuk membaca perasaan terdalam orang lain (empati) dan berdoa, untuk memelihara hubungan dengan sebaik-baiknya, kemampuan untuk menyelesaikan konflik, serta untuk memimpin diri dan lingkungan sekitarnya.
C.    SQ (Spiritual Quotients)
SQ tidak mesti berhubungan dengan agama, Kecerdasan spiritual (SQ) adalah kecerdasan jiwa yang dapat membantu seseorang membangun dirinya secara utuh. SQ tidak bergantung pada budaya atau nilai. Tetapi menciptakan kemungkinan untuk memiliki nilai-nilai itu sendiri. Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang berasal dari dalam hati, menjadikan kita kreatif ketika kita dihadapkan pada masalah pribadi dan mencoba melihat makna yang terkandung di dalamnya, serta menyelesaikannya dengan baik agar memperoleh ketenangan dan kedamaian hati. Kecerdasan spiritual membuat individu mampu memaknai setiap kegiatannya sebagai ibadah, demi kepentingan umat manusia dan Tuhan yang sangat dicintainya.
D.   ESQ (Emotional and Spiritual Quotient)
ESQ merupakan sebuah singkatan dari Emotional Spiritual Quotient yang merupakan gabungan EQ dan SQ, yaitu Penggabungan antara pengendalian kecerdasan emosi dan spiritual. Manfaat yang bisa di dapat adalah tercapai nya keseimabangan antara hubungan Horizontal (manusia dengan manusia) dan Vertikal (manusia dan Tuhan). ESQ juga dapat membuat kita lebih percaya diri dalam melakukan tindakan.

Mengapa SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) ?
Didasari bahwa, bahwa setiap orang sebenarnya memiliki potensi dan kekuatan yang luar biasa dalam dirinya (unlimited power). Akan tetapi potensi dan kekuatan tersebut tidak dapat muncul sepenuhnya hal ini di karenakan ada hambatan teknis (cara) dan hambatan mental (keberanian, keyakinan, motivasi dsb).
SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) Training dengan pendekatan kecedasan Emosi dan Spiritual (ESQ), dapat menggiring para peserta pelatihan akan dapat menghancurkan hambatan mental dan hambatan teknis di atas sehingga potensi dan kekuatan pada dirinya dapat lebih dioptimalkan untuk mencapai dream/ impian dan cita-citanya.
Dewasa ini berkembang pandangan stereotip dikotomi antara lain dunia dan akherat, dikotomi antara unsur kebendaan dan unsur agama. Mereka yang memilih keberhasilan di alam “vertical” cenderung berfikir bahwa kesuksesan dunia justru adalah sesuatu yang dinisbikan. Hasilnya, mereka unggul dalam kekhusukan dzikir dan kekhitmad-an berkontemplasi, namun mereka kalah dalam percaturan ekonomi, ilmu pengetahuan sosial politik dan perdagangan dunia. Sebaliknya yang berpijak hanya alam kebendaan, kekuatan berpikir tidak pernah diimbangi oleh kekuatan dzikir. Realitas kebendaan yang masih membelenggu Rohani, tidak memudahkan baginya untuk berpijak pada alam fitrahnya.

LANGKAH – LANGKAH SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ)
  1. Menjernihkan Hati (ZERO MIND PROCESS)
  1. HIDUPKAN CAHAYA HATI
Mendengarkan SUARA HATI ILAHIAH (God Spot)
  1. (Membangun Mental) MENTAL BUILDING
  1. PERSONAL & SOCIAL STRENGTH
Pembangunan Ketangguhan Pribadi (Personal Strength)
Pembangunan Ketangguhan Sosial (Social Strength)

VISI
Mewujudkan perikehidupan manusia yang penuh arti bagi berjuta manusia di dunia

MISI
Percepatan transformasi karakter dan budaya dalam rangka pembangunan Bangsa dan Negara Indonesia seutuhnya.

MANFAAT BAGI PERUSAHAAN/INSTITUSI
·         Menanamkan nilai dan prinsip moral, sebagai panduan etika serta meningkatkan komitmen setiap individu untuk menjalankannya
·         Menanamkan Visi – Misi dan Memberikan makna bekerja dan belajar kepada setiap individu sehingga meningkatkan loyalitas dan juga produktivitas
·         Meningkatkan cohesien (kepaduan) antar individu maupun antara Pimpinan/Guru/Dosen dengan Pekerja/Siswa/Mahasiswa karena memiliki kesamaan Visi – Misi

MANFAAT BAGI PRIBADI
·         Mampu menemukan kebahagiaan spiritual sehingga memandang pekerjaan bukan beban melainkan sebuah pengabdian dan panggilan jiwa (vocation/calling).
·         Mampu menyelaraskan Visi – Misi pribadi dengan Visi – Misi pasangan serta Keluarga sehingga keharmonisan dalam lingkungan pribadi akan mendorong produktivitas dalam pekerjaan.
·         Mampu memaknai setiap tantangan sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri sehingga dapat bekerja dalam tekanan/stress.

MANFAAT BAGI PELAJAR/SISWA
·         Sukses dalam belajar, strategi menyusun perencanaan studi
·         Membentuk karakter pelajar/siswa yang tangguh dan memiliki nilai-nilai intelektual
·         Membangun rasa saling mengenal dan bersahabat agar bisa memupuk persahabatan sehingga mencegah terjadinya tawuran
·         Mencegah kenakalan remaja (nilai sopan santun yang luntur, tawuran, bahkan seks bebas) semakin beragam dan mampu mengancam masa depan bangsa.
 
APAKAH TRAINING SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) DITUJUKAN HANYA BAGI UMAT ISLAM?

Training Self Spiritual Quotient (SSQ) ditujukan bukan hanya bagi umat Islam namun untuk seluruh kalangan karena yang ditanamkan melalui training Self Spiritual Quotient (SSQ)  adalah nilai-nilai (values) yang universal, seperti: jujur, tanggung jawab, disiplin, kerjasama, dsb

KENAPA DI DALAM TRAINING SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ)  BANYAK SEKALI DITEMUKAN AYAT-AYAT AL QURAN, PADAHAL SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ)  MENGATAKAN BAHWA TRAINING SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ)  ITU BISA DIIKUTI SIAPA SAJA?
Betul bahwa Al Quran adalah kitab suci umat Islam namun didalamnya banyak disampaikan nilai-nilai kebaikan yang universal.  Jadi apakah ada orang yang dapat menolak nilai-nilai kebaikan tersebut? Salah satu contohnya adalah kejujuran, apakah dapat ditolak? Tentu saja tidak dan itulah yang diajarkan di dalam Al Quran Jadi sebenarnya yang disampaikan di dalam training SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ)  adalah apa yang disebut sebagai hukum alam, law of nature. Hukum-hukum alam tersebut ditemukan di dalam Al Quran dan tak ada seorang pun yang dapat mengingkarinya, training SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ)  mempergunakan itu dan kemudian dikoneksikan dengan nilai Ketuhanan Yang Maha Esa sehingga kita akan merasakan spiritual enlightment. Itulah ketika terjadi pertemuan 2 samudera yaitu saat science ditemukan dan dihubungkan dengan kalimat-kalimat ilahi

KATEGORI PELATIHAN SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ)
1.      SSQ TRAINING (CHARACTER BUILDING TRAINING)
Penyelenggaraan character building training  dimaksudkan untuk meningkatkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, negara dan pemerintah, meningkatkan kompetensi teknis, manajerial dan kepemimpinannya serta meningkatkan efisiensi, efektifitas dan kualitas pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerja sama dan tanggung jawab sesuai dengan lingkungan kerja dan organisasinya. Character  building training ini pun merupakan salah satu sarana transformasi nilai budaya dengan tetap mempertahankan serta merevitalisasi nilai-nilai luhur guna membentuk sumber daya aparatur negara yang berkualitas.
2.      SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) FOR PARENTING
Mungkin tanpa disadari selama ini kita telah menghambat potensi anak. Bukankah selama ini kita seringkali kesulitan dalam memahami keinginan mereka, tidak tahu cara membantu anak mengelola emosinya, tidak mampu memotivasi dan cenderung lebih sering menyalahkan si anak?
Apakah kita mampu menanamkan nilai-nilai spiritual kepada anak kita?
SSQ Parenting adalah training Parenting yang mengajarkan dan menanamkan nilai nilai spiritual dan kecerdasaan emosional kepada keluarga. Dengan SSQ Parenting, orangtua mampu menumbuhkan dan mengelola potensi anak.  Training ini penting untuk diikuti agar orangtua dapat memahami kebutuhan emosi  anak dan membantu mereka memenuhi tujuan spiritual kehidupannya.

Apa yang akan Anda dapatkan dengan mengikuti training SSQ Parenting ?
-           Pendekatan dan komunikasi yg lebih baik dgn anak
-           Penyatuan  perbedaan pasangan dalam mendidik anak
-           Penanaman nilai spiritual dan makna hidup dari orangtua kepada anak
-           Pemahaman yang lebih baik tentang kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual anak
-           Pemahaman cara mengembangkan potensi spiritual anak
-           Lebih memahami jalan pikiran anak karena paham kebutuhan perkembangannya
-           Mencegah anak dari trauma emosional
-           Kebahagiaan dalam menerima keunikan anak
Target Peserta : Orangtua siswa-siswi ataupun pendidik di sekolah

3.      SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) FOR TEENS
Training SSQ membentuk karakter baru dengan membangkitkan potensi kita melalui penggabungan kecerdasan intelektual, emotional dan spiritual serta menjadikan kita sebagai manusia paripurna. Materi yang disampaikan terkait dengan konsep diri, kepribadian dan kepempinan serta Self Evalution untuk masa depan anak yang lebih baik. Selama mengikuti Training, peserta akan diajak aktif dalam beberapa permainan, simulasi, serta berbagi pengalaman dengan teman-teman lain. Materi training akan digelar dengan menggunakan multimedia yang menggabungkan antara animasi, klip film, efek suara, dan musik. Ditampilkan melalui layar besar dengan gelegar tata suara sekitar 10. 000 watt.
Target Peserta : Siswa-siswi SMP/MTs, SMA/MA dan SMK.

4.      SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) FOR KIDS
Mengapa anak-anak memerlukan pelatihan SSQ ?
Karena segala pemahaman yang bersikap spiritual akan lebih mudah dicerna oleh anak-anak.
Materi yang diberikan berupa Zero Mind Process (penjernihan suara hati untuk memunculkan kemampuan mendengar suara hati yang merupakan sumber kebijakan dan motivasi), dan Mental Building (melindungi dan menjaga potensi diri). Selain itu ada juga metode Personal Strength (ketangguhan pribadi dalam langkah nyata dalam kehidupan sehari-hari, serta Social Strength (ketangguhan sosial). Semua materi diberikan dalam bentuk permainan, drama, lagu, dan quiz, sehingga menarik minat anak-anak.

5.      SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) OUTBOUND
Menyajikan games yang menyenangkan, menantang, menginspirasi dan dimaknai secara intelektual, emosional dan spiritual.
SSQ Outbound akan mengubah hidup anda menuju arah yang lebih baik dan akan membantu anda meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta membentuk karakter pribadi yang tangguh dalam lingkungan perusahaan, lembaga, organisasi, kampus, sekolah maupun keluarga.
Tujuan (SSQ) OUTBOUND
-           Membangun visi, misi dan nilai (value) pribadi dan organisasi/kelompok
-           Membentuk self character yang tangguh
-           Melatih diri untuk bisa memaknai setiap aktifitasnya
-           Melatih jiwa kepemimpinan
-           Meningkatkan kerjasama dan pro aktif
-           Membangun tim yang solid dan kohesif
-           Meningkatkan loyalitas, kreativitas dan inovasi
-           Mampu memberikan nilai spiritualitas dalam setiap aktivitasnya
-           Mampu memberikan solusi spiritual dalam setiap permasalahan yang terjadi

MATERI PELATIHAN SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) BERBASIS ESQ
Di dalam setiap pelatihan SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) terdapat beberapa materi sbb:
1.             Personal Transformation yang menjadikan pelaksanaan nilai sebagai sebuah komitmen spiritual.
2.             Mission & Character Building Pentingnya sebuah penetapan misi yang terinternalisasi di dalam setiap individu sehingga mampu mendorong sebuah keberhasilan.
3.             Self Control & Collaboration  mengelola kelemahan agar potensi yang dimiliki dapat dikeluarkan serta membangun kolaborasi antar individu maupun antar bagian. Akan membantu peserta untuk mendeteksi kelemahan yang dapat mempengaruhi kinerja serta menyinergikan kekuatan setiap individu atau bagian
4.             Total Action menanamkan sebuah kesadaran bahwa waktu yang dimiliki untuk mewujudkan visi, sangat terbatas dan kesempatan tidak datang untuk kedua kali. Oleh karena itu, setiap individu harus disiplin dan konsisten dalam menjalankan tugas serta rencana.

TEKNIK  PELATIHAN SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) BERBASIS ESQ

Teknik training sangat beragam mulai dari role play, games, group discussion, case study, project serta lecturing

TIM TRAINER
SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) BERBASIS ESQ

-       Muhidin Isma Almatin Ps.PS., S.Psi. dkk


DURASI DAN WAKTU PELATIHAN
Tujuan training SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) BERBASIS ESQ yang ingin di peroleh adalah PERUBAHAN dan bukan hanya sekedar menjadi sebuah pengetahuan. Jika yang ingin dicapai perubahan maka minimum 1 hari waktu yang diperlukan (09.00 wib – 18.00 wib). Melakukan perubahan adalah hal yang dapat dilakukan oleh training SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) BERBASIS ESQ untuk itu kami memerlukan durasi training minimum 1 hingga 2 hari.
Waktu yang panjang tersebut diperlukan karena yang ingin disampaikan dalam training SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) BERBASIS ESQ bukan sekedar pengetahuan namun pengalaman (feel the experience) yang membangkitkan kesadaran. Training SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) BERBASIS ESQ menggunakan metode Quantum Learning yang melibatkan sebanyak mungkin indera peserta (penglihatan melalui multimedia, pendengaran melalui efek suara, kinestetik melalui games) karena itulah diperlukan durasi minimum 1-2 hari untuk training SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) BERBASIS ESQ.

SARANA PRASARANA
PENUNJANG PELATIHAN

Tempat pelatihan dipersyatkan di dalam gedung atau di luar gedung (out bond). Pelatihan SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) BERBASIS ESQ berbasis multi media ini mengunakan komputer dan LCD. Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan ini diperlukan sarana:

SARANA PRASARANA
PENUNJANG PELATIHAN

SPESIFIKASI
Gedung
-       Berpendingin atau ber-AC.
-       Penataan lampu dapat mudah di buat gelap gulita
-       Berkarpet.
Sound system:
Sound berspesifikasi dengan daya kurang lebih 3000 Watt
Screen
Layar lebar untuk pantulan LCD tersedia di bagian depan ruangan
LCD
Proyektor multi media
Komputer multi media
Komputer berspesifikasi multi media

IN HOUSE TRAINING
In House Training adalah program pelatihan SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) BERBASIS ESQ yang diselenggarakan di tempat peserta pelatihan atau berdasarkan permintaan klien/peserta pelatihan. Dengan program ini peserta akan lebih mudah menyerap dan mengaplikasikan materi pelatihan untuk menyelesaikan dan mengatasi permasahan yang sering dialami dan dihadapi serta mampu secara langsung meningkatkan kualitas dan kinerja dari sumber daya manusia dilingkungan instansi peserta pelatihan.
Peserta In House Training hanya dibatasi untuk yang telah direkomendasikan dari instansi / perusahaan / sekolah yang meminta pelatihan. Jumlah peserta In House Training ditentukan oleh instansi / perusahaan / sekolah  sesuai dengan aturan yang telah disepakati sebelumnya.

Informasi Lebih Lanjut dapat menghubungi kami :

CV. CANDRIKA PROMOSINDO MEDIATAMA KOMUNIKASI YOGYAKARTA
Perum Lojajar Indah Blok E-105 Sleman – Yogyakarta
Email & Facebook : tc_yogya@yahoo.com
http://911trainingyogyakarta.blogspot.com

MARKETING :
0852 2594 5758
0878 3992 9179
0274 – 6535 911 / 830 6858

Demikian sekelumit tentang proposal SELF SPIRITUAL QUOTIENT (SSQ) BERBASIS ESQ, semoga upaya mensinergikan/ menguatkan antara IQ (Intellegensi Quotient), EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient) yang dilakukan dapat meningkatkan kinerja dan etos keja yang baik dan positif bagi karyawan/ pegawai/siswa/pelajar/mahasiswao di lingkungan pendidikan/perusahaan/ Instansi yang Bapak / Ibu pimpin.
Harapan kami setelah peserta mengikuti pelatihan ini. Peserta memperoleh tambahan bekal pengetahuan, perubahan perilaku positif dan keseimbangan spiritual. Sehingga dapat memberikan pelayanan terhadap dirinya dan pada masyarakat secara optimal.
Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memudahkan langkah kita dan meridhoi segala upaya kita dalam perbaikan diri, bangsa dan negara. Amien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar